VIRAL Video Gadis Buat Perkenalan dengan Bahasa Asing hingga Isyarat, Akui Pelajari Secara Autodidak

0

Belakangan ini, sempat viral di Twitter video seorang gadis yang berisi tentang perkenalan menggunakan berbagai bahasa asing hingga bahasa isyarat. Awalnya video diunggah oleh akun Twitter Alexandre Thian @aMrazing pada Senin (15/2/2021). Dalam cuitannya juga terdapat pujian yang diberikan kepada gadis ini.

"Luar biasa cewek ini. A polyglot!" tulisnya. Cuitan tersebut telah direetweet sebanyak 5.437 kali serta disukai oleh 18 ribu pengguna Twitter. Hingga saat ini Kamis (18/2/2021) video unggahan @rahmadhilas ini telah ditonton sebanyak 720,9 ribu dan disukai oleh 179,9 ribu pengguna TikTok.

Dalam video diperlihatkan sang pengunggah yang tengah mengikuti sebuah challenge atau tantangan di TikTok. Tantangannya adalah untuk memperkenalkan diri dengan berbagai bahasa yang dikuasai. Kemudian sang pengunggah memperkenalkan diri dengan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Bahasa Turki, Bahasa Perancis, Bahasa Korea, Bahasa Isyarat Indonesia, serta American Sign Language .

Unggahannya ini mendapat banyak respon positif dari pengguna TikTok lainnya. Banyak yang termotivasi untuk bisa belajar bahasa asing serta bahasa isyarat juga. Bahkan di unggahan terbaru TikTok @rahmadhilas, ia telah membagikan tips untuk belajar bahasa asing.

Dhila menuturkan, bisa berbahasa asing karena belajar sendiri. Ia juga tidak pernah mengikuti kursus apapun kecuali Bahasa Isyarat. "Cara aku menguasai bahasa asing itu ya belajar, aku enggak pernah ikut kursus apapun kecuali Bahasa Isyarat."

Menurut Dhila, tujuannya belajar bahasa asing adalah agar bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Dhila mengaku telah belajar bahasa asing sejak masih duduk di bangku SMA. "Belajar bahasa asing sejak SMA, kebetulan di peminatan gitu kebetulan di Bahasa Perancis."

"Awalnya aku juga enggak pernah kepikiran buat belajar bahasa lain tapi akhirnya dari situ aku jadi tertarik gitu," ucap Mahasiswa Universitas Gadjah Mada ini. Dhila mengatakan, saat ini ia menguasai Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris. Untuk bahasa asing, ia mengaku cukup menguasai Bahasa Turki, serta masih dalam tahap belajar Bahasa Perancis dan Bahasa Korea.

"Kalo menguasai aku bisa bilang aku menguasai Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris." "Kalau bahasa lain aku enggak bilang kalo aku menguasai, tapi kalo cukup menguasai seperti bahasa Turki dan yang masih tahap belajar itu Bahasa Perancis dan Bahasa Korea," katanya. Tak hanya belajar bahasa asing, Dhila juga tertarik belajar Bahasa Isyarat.

Bahkan tak hanya Bahasa Isyarat Indonesia tapi juga Bahasa Isyarat Amerika atau American Sign Language. Hal tersebut berawal saat Dhila menonton program acara America's Next Top Model Cycle 22. "Waktu itu aku pernah nonton America's Next Top Model, kalo enggak salah Cycle 22 ."

"Ada salah satu konstestan yang kebetulan tuli, dia selalu bawa Interpreter Bahasa Isyarat Amerika atau American Sign language . Nah dari situ aku mulai tertarik belajar bahasa isyarat," terangnya. Menurut Dhila, bisa menguasai bahasa asing memberikan banyak manfaat untuknya. Salah satunya adalah menjadi tau banyak ilmu pengetahuan lainnya yang tidak diterjemahkan dalam Bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

Bahkan berkat kepiawaiannya dalam berbahasa asing, Dhila pernah mengikuti program Exchange ke Turki. "Jujur aku pernah Exchange ke Turki, aku volunteer kesana, aku ngajar Bahasa Inggris." "Heran aku mendapatkan informasi yang aku enggak pernah tau sebelumnya. Karena informasi tersebut enggak diterjemahkan dalam Bahasa Inggris atau bahasa lain," tuturnya.

Selain itu Dhila juga bisa memanfaatkan informasi yang didapat untuk membuat esai atau tugas kuliah. "Aku juga bisa memanfaatkan informasi yang aku dapetin disana untuk aku pake bisa bikin esai atau tugas kuliah. Menurut aku itu jadi nilai plus banget sih kalo kita ngerti bahasa lain," kata gadis asal Yogyakarta ini. Dhila berharap video yang telah dibuatnya bisa menginspirasi dan memotivasi banyak orang untuk belajar bahasa.

Baik bahasa asing maupun Bahasa Isyarat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.