Manfaat Minyak Ikan untuk Anak yang Paling Utama

0

Saat ini, banyak orang tua yang meyakini bahwa minyak ikan sangat penting untuk anak. Pendapat tersebut benar karena minyak ikan mampu memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan anak. Contohnya yakni zat besi, vitamin D, kalsium, omega-3, dan masih banyak lagi. Lalu, apa saja manfaat minyak ikan untuk anak?

Pastinya, minyak ikan sangat bermanfaat untuk anak kecil, remaja, hingga orang dewasa. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaatnya untuk anak. Check it out!

 

Meningkatkan kinerja otak

Manfaat utama dari minyak ikan adalah meningkatkan kinerja dan kesehatan otak. Kandungan omega-3 di dalamnya akan membantu meningkatkan perkembangan otak. 

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada 183 anak selama 6 bulan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka mengalami peningkatan pada kemampuan belajar, memori, dan verbal. Peningkatan tersebut tampak setelah mereka mengonsumsi sumber omega-3 selama penelitian.

Artinya, minyak ikan dapat membantu anak dalam memperbaiki kinerja serta kesehatan anak. Itulah sebabnya banyak orang tua yang berpendapat bahwa minyak ikan dapat mencerdaskan anak. 

 

Meningkatkan kesehatan mata

Selanjutnya, manfaat minyak ikan untuk anak adalah menjaga mata tetap sehat. Minyak ikan juga mengandung vitamin A & D. Vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan mata. 

Selain itu, kandungan omega-3 pada suplemen ini dapat memperlancar aliran darah ke area mata. Dengan demikian, mata Anak akan tetap sehat setiap saat. 

 

Meningkatkan imunitas tubuh

Minyak ikan pun ikut andil untuk menjaga imunitas tubuh anak. Suplemen yang kaya nutrisi ini memang ampuh dalam peningkatan kesehatan dan fungsi sistem imun. Sehingga, tubuh akan kebal dan siap melawan penyakit. 

Minyak ikan akan mampu menambah jumlah eikosanoid dan sitokin. Hal ini terbukti dengan pengaruhnya terhadap sistem imun yang semakin aktif dan kebal. Mala dari itu, pastikan Anak telah terpenuhi kebutuhan omega-3 nya. Anda bisa memberinya minyak ikan atau makan sehari-hari yang juga kaya omega-3. 

 

Meminimalisir terjadinya depresi

Siapapun pasti sudah memahami bahwa minyak ikan dapat memperbaiki suasana hati. Inilah kenapa minyak ikan dipercaya bisa meminimalisir adanya depresi pada si kecil. Meskipun begitu, penelitian tetap berjalan untuk mendukung keyakinan ini. 

Well, itulah manfaat minyak ikan untuk anak. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk memberikannya pada si kecil. Namun, Anda tak boleh terlalu mengandalkannya karena semua harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.