Langkah Tepat untuk Mengatasi Kredit Raize yang Macet

0

Ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil dengan cara kredit, seperti misalnya kredit Raize maka hal tersebut memang akan terasa lebih ringan. Karena memang jika Anda harus memberi secara tunai, maka perlu mengumpulkan uang dalam waktu yang cukup lama. 

Ini menjadi hal penting yang harus anda perhatikan. Anda harus memilih dealer atau leasing yang terpercaya. Saat ini ada puluhan bahkan ratusan dealer di indonesia. tapi sayangnya masih banyak dealer yang tidak bertanggung jawab. Jika anda ingin cicilan lancar dan semua persyaratan dilakukan dengan baik, anda harus memilih leasing yang terpercaya. Tanyakan pada teman atau saudara yang sudah pernah menggunakannya. Lihat besar bunga yang dibebankan, kemudahan pembayaran, proses mendapatkan buku pemilik kendaraan bermotor dan lainnya. saat melakukan pengajuan anda harus menanyakan semuanya dengan jelas dan melakukan perjanjian awal dengan benar.

Jika semua dokumen kredit toyota sudah anda persiapkan dan sudah memilih leasing terpercaya. Sekarang anda harus mempersiapkan uang muka atau DP. Uang muka merupakan sejumlah biaya yang dibayarkan di awal cicilan. Besar uang muka ini akan mempengaruhi besar cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Semakin besar uang muka yang dibayarkan, semakin kecil cicilannya.

Harga Raize sendiri saat ini masih berada di atas 200 juta. Karena itulah kredit merupakan salah satu jalan keluar. Namun terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di sini agar nantinya proses kredit Anda tidak macet. Berikut ini adalah langkah – langkah yang bisa Anda lakukan ketika telah mengalami kredit macet agar bisa memperoleh solusi, antara lain yaitu :

Bagaimana Langkah Tepat untuk Mengatasi Kredit Raize yang Macet ?

 

  • Mengetahui Berapa Total Kredit yang Menunggak

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi kredit yang macet yaitu ketahui berapa total kredit yang menunggak. Jika disini Anda mempunyai beberapa hutang sekaligus, maka Anda perlu untuk menghitungnya dengan teliti. 

Jangan lupa pula agar Anda disini memperhatikan berapa besar bunga yang perlu ditanggung serta biaya lainnya, seperti biaya administrasi ataupun denda keterlambatan. Namun, apabila Anda masih memiliki tabungan untuk melakukan pelunasan tunggakan tersebut, maka Anda dapat melakukan pembayaran dengan minimum payment lebih dahulu. 

Namun perlu diingat, jangan terlalu sering memakai cara tersebut. Karena hal ini dapat menyebabkan waktu yang jadi semakin lama dalam melunasi hutang.

  • Stop Pengeluaran yang Tidak Penting

Ketika Anda telah mempunyai kredit mobil Raize yang mulai macet, maka Anda perlu mengubah pola pengeluaran dan belanja Anda. Dalam hal ini sangat penting untuk menghindari pengeluaran yang mana disini bersifat konsumtif. Jangan lagi membeli barang – barang hanya karena di dasarkan oleh keinginan saja, bukan karena kebutuhan. 

Oleh karena itu, mulai saat ini pilihlah mana saja pengeluaran yang memang wajib dilakukan tiap bulan. Kemudian Anda juga perlu memilih mana pengeluaran yang harus dihentikan dengan segera. 

Perhatikan pengeluaran – pengeluaran yang Anda lakukan hingga ke bagian paling mendetail. Selain melakukan pemangkasan tersebut, Anda juga perlu menghemat.

  • Lakukan Restrukturisasi

Setelah Anda dapat melakukan proses penghematan tersebut, maka kini saatnya Anda tahu bagaimana cara melakukan pembayaran kredit mobil macet. Cara yang pertama yaitu dengan melakukan restrukturisasi. 

Restrukturisasi itu sendiri adalah penyusunan ulang. Yang dimaksud deini yaitu, Anda susun ulang waktu pembayaran, fasilitas dan juga suku bunga.  Artinya Anda perlu meminta pihak kreditor untuk menurunkan suku bunga agar cicilan bisa sedikit meringankan. 

Penurunan dari suku bunga itu nantinya akan berdampak pada masa cicilan yang makin panjang. Hal tersebut bukanlah masalah, selama Anda masih mampu untuk membayar cicilan.

  • Lakukan Refinancing

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi kredit macet yaitu dengan Anda melakukan refinancing. Hal ini bisa Anda lakukan jika cara di atas kurang efektif. Cara ini akan menuntut Anda untuk melakukan kredit mulai dari awal lagi. 

Jadi cicilan sebelumnya akan dihitung agar bisa dibuat jadi lebih kecil dan ringan. Dengan demikian nantinya Anda tidak perlu masuk daftar hitam jika gagal dalam melakukan pelunasan. 

  • Over Kredit

Sementara untuk langkah yang terakhir ini dapat Anda lakukan ketika semua jalan sudah terasa buntu. Cara ini memang bukan cara yang cukup efektif untuk dilakukan. Karena dengan Anda over kredit, maka harga dari mobil tersebut akan jadi jauh lebih murah.

Itulah langkah tepat yang perlu dilakukan untuk mengatasi kemacetan dalam melakukan kredit raize, semoga dapat membantu !

Leave A Reply

Your email address will not be published.