Ini 3 Persiapan Penting Pergi Umroh Supaya Aman dan Nyaman

0

Umroh adalah ibadah yang dilakukan umat Islam di Baitullah yang dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Arti Umroh menurut bahasa merupakan ziarah. Banyak sekali persiapan penting yang harus dilakukan sebelum berangkat Umroh ke tanah suci. Tidak hanya persiapan secara materi, Anda juga harus mempersiapkan kesehatan Anda beserta keluarga jika memutuskan pergi Umroh bersama keluarga. Selain itu, salah satu persiapan penting sebelum pergi Umroh adalah memiliki Asuransi khusus Perjalanan.

Peran asuransi perjalanan adalah memberikan perlindungan terhadap peristiwa yang tidak terduga selama perjalanan di dalam negeri maupun diluar negeri. Traveler, jamaah haji/Umroh, backpacker, biro perjalanan baik individu atau grup wisatawan akan merasakan beberapa manfaat ganti rugi berupa materi maupun jasa jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti kecelakaan dalam perjalanan, ketidaknyamanan dalam perjalanan (pembatalan, pengurangan, dan keterlambatan pesawat), kehilangan atau kerusakan bagasi dan barang pribadi, kehilangan dokumen perjalanan, sakit dan cedera dalam perjalanan, dan lain sebagainya. 

Selain asuransi perjalanan, apa sajakah yang harus Anda persiapkan? Simak poin-poin berikut:

  • Mencari informasi lengkap seputar Umroh. Tentu saja Anda harus mencari tahu pengetahuan umum dan informasi tentang ibadah Umroh. Misalnya, syarat Umroh, rukun Umroh, tata cara Umroh, larangan-larangan saat menjalankan Umroh, dan lain-lain. Jangan lupakan juga mencari tahu berbagai perlengkapan ibadah dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan selama Anda berada di tanah suci untuk menunaikan ibadah Umroh. 


  • Menyiapkan semua dokumen penting. Dokumen merupakan salah satu persyaratan penting agar Anda bisa menunaikan kegiatan Umroh. Selain kartu identitas, paspor, dan visa Umroh, ini dokumen wajib lainnya yang harus Anda siapkan adalah fotokopi kartu keluarga terbaru, surat rekomendasi dari travel penyedia paket Umroh, formulir surat permohonan penambahan nama dengan materai, buku nikah dan Kartu Keluarga asli, akta lahir asli (untuk calon jamaa Umroh berusia di bawah 17 tahun), surat keterangan Mahram (khusus untuk jamaah wanita berusia di bawah 40 tahun yang diwajibkan didampingi oleh suami atau mahramnya), sertifikat vaksin meningitis meningokokus, tiket pesawat asli Jakarta-Jeddah PP, bukti reservasi hotel serta transportasi selama di Arab Saudi, pas foto terbaru (4×6 dengan latar belakang putih dan komposisi wajah 80% sebanyak 6 lembar). Untuk lebih mudahnya, Anda sangat direkomendasikan untuk mengurus semuanya dibantu oleh agen travel terpercaya.


  • Menjaga kesehatan fisik dan mental. Perjalanan Indonesia menuju Arab Saudi serta sebaliknya tentu akan memakan waktu lama sehingga dibutuhkan fisik yang kuat di sini. Selain itu, perbedaan cuaca dan iklim di Arab Saudi cukup ekstrim dibandingkan dengan Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus dapat menjaga kesehatan agar tetap dapat menjalankan ibadah Umroh dengan lancar. Tidak hanya fisik, kesehatan mental juga harus dijaga supaya bisa beribadah dengan maksimal dan bisa pulang dengan selamat sampai di rumah. Sebelum Umroh, Anda dapat memulai dengan rajin olahraga, mengatur pola makan sehat, hingga melakukan medical check-up dan istirahat yang cukup.

 

Pentingnya melakukan persiapan secara matang sebelum Umroh, akan menghindarkan Anda dari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Semoga artikel ini dapat membantu, ya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.