Cara Memaksimalkan Keamanan saat Pakai Wifi Gratis

0

 

 

Pelaku kejahatan masa kini sudah semakin cerdas dalam melancarkan aksinya. Salah satu media pemanfaatannya adalah melalui wifi gratis. Sebelum memutuskan terhubung dengan wifi gratis, sebaiknya kamu cek area wifi First Media lebih dulu untuk memastikan area kamu mendapat wifi yang aman.

Kejahatan yang biasa terjadi melalui pemanfaatan wifi gratis adalah pencurian data termasuk membajak akun media sosial.

 

Memaksimalkan Keamanan saat Pakai Wifi Gratis

Namun kejahatan ini sebenarnya bisa dicegah dengan langkah memaksimalkan keamanan. Bagaiamana caranya? Simak penjelasan dibawah ini!

  • Gunakan VPN 

VPN atau Virtual Private Network adalah sandi yang dimiliki tiap perangkat ponsel atau laptop untuk melindungi perangkat dari pembajakan pihak lain. Namun pastikan kamu mengingat dengan benar sandi yang dipakai pada VPN, karena jika sandi terlupa, maka kamupun juga akan kesulitan mengoperasikan perangkat.

  • Lihat Nama Wifi

Pelaku kejahatan cyber juga banyak yang menggunakan nama-nama palsu seolah sebagai Wifi yang disediakan oleh tempat-tempat terpecaya. Namun kamu harus lebih jeli dengan mencari informasi apakah benar wifi tersebut milik dari tempat yang sesuai atau bisa juga bertanya pada masyarakat sekitar wifi mana yang aman digunakan.

  • Jangan Pilih Wifi Tanpa Sandi

Seringkali perangkat tersambung secara lebih mudah dengan wifi tanpa sandi. Namun mempertimbangkan segi keamanan, sebaiknya kamu tidak lagi menyambungkan perangkat pada wifi gratis tanpa sandi. Pilihlah wifi yang memiliki sandi sehingga kamu bisa bertanya kepada penyedia wifi dan menyadari secara langsung siapa pemilik wifi. 

  • Periksa Doamin Situs

Sebelum kamu melakukan aktivitas login akun,periksa lebih dulu domai pada https. Hal ini untuk melindungi username dan password yang kamu miliki dari dicuri oleh hacker.

  • Hindari Aktivitas Sensitif 

Aktivitas sensitif yang dimaksud adalah melakukan transaksi perbankan dan sejenisnya melalui wifi gratis. Untuk aktivitas finansial, tetap gunakan paket data agar kemanan lebih terjaga.

  • Aktifkan Two-Factor Authentication 

Fitur ini merupakan pelinfung tambahan yang ada pada media sosial. Langkah keamanan dua faktor akan menyulitkan hacker masuk karena butuh verifikasi nomor telepon atau konfirmasi data pribadi lainnya. Sandi ponsel saja tidaklah cukup, memberikan keamanan dua langkah, akan semakin membantumu memaksimalkan keamanan perangkat.

  • Log out Wifi

Jika sudah menggunakan wifi, putus kembali jaringan dan matikan fitur koneksi otomatis atau forget network. Akun yang sudah masuk juga log out kembali seprti email dan facebook agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

  • Matikan Fitur “Sharing Settings”

Dengan mematikan fitur ini kamu akan terhindar dari menerima data atau dokumen berbahaya atau bahkan virus.

 

Dengan memilih wifi yang aman, kamu sudah berusaha melindungi data dan juga ikut mengurangi kemungkinan kriminalitas cyber terjadi. Waspadalah dan selalu berhati-hati dimanapun kamu berada, karena kejahatan seringkali tidak tampak secara langsung. 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.