Begini Cara Membaca Kode Ban Mobil 

0

Mobil memiliki beragam komponen yang berperan penting agar dapat dikendarai dengan nyaman. Salah satunya adalah ban yang berkaitan erat dengan kenyamanan serta keselamatan berkendara. Sayangnya, banyak orang yang cenderung kurang memerhatikan bagian ini saat melakukan simulasi cicilan ketika berencana membeli mobil baru. Alasan umumnya yaitu karena mobil yang dibeli baru sehingga kondisi ban pasti masih sempurna

Memang pemikiran tersebut tidak salah. Namun sebenarnya Anda disarankan untuk memahami kode yang ada pada ban. Tujuannya agar Anda tidak salah memilih seandainya nanti perlu mengganti ban dengan yang baru.

Urutan arti dari kode ban ini adalah:

[Prefix atau jenis ban][lebar tapak dalam mm]/[tinggi ban dalam satuan persen lebar tapak][konstruksi ban][diameter pelek]

Misalnya untuk kode P235/70R16, maka cara membacanya adalah berikut ini:

  • Huruf “P” Awal

Kode P di awal kode menunjukkan bahwa ban tersebut adalah untuk mobil penumpang. Selain “P” ada juga kode “LT” yang kepanjangan dari light truck. Kode ban ini ada pada setiap ban minibus, bus maupun kendaraan besar lainnya.

  • Kode Angka “235”

Angka 235 setelah huruf “P” merujuk pada satuan lebar tapak ban mobil pada milimeter. Artinya ban tersebut mempunyai lebar tapak sebesar 235 mm.

  • Kode Angka “70”

Ini merupakan nilai rasio antara tinggi ban dengan lebar tapak dalam bentuk persentase. Tinggi ban yang dimaksud bukan secara keseluruhan, melainkan jarak dari ban yang menempel pada velg hingga permukaan jalan. Semakin kecil nilai angka ini, artinya jaraknya juga semakin dekat.

  • Huruf “R”

Kode ini menunjukkan tipe konstruksi dari suatu ban dan huruf “R” berarti ban tersebut memiliki konstruksi radial. Ada 2 tipe konstruksi, yaitu:

  • Huruf “R” atau Radial

Berarti ban mempunyai tapak yang tipis dan kerangka carcass cord dengan sudut 90 derajat dari keliling ban.

  • Bias atau (-)

Tipe ban bias memiliki tapak yang tebal dan kerangka carcass cord dengan sudut 40 sampai 60 derajat terhadap keliling ban itu sendiri.

  • Kode Angka “16”

Kode ban mobil berangka “16” dan ada paling akhir ini menunjukkan penggunaan ban ada pada velg 16 inci. Artinya ban tidak bisa terpasang dengan velg ukuran lain.

Sudah Tahu Tipe Ban Mobil Milik Anda?

Rahasia kode ban mobil ini berguna untuk pengetahuan Anda terhadap tipe ban apakah yang mobil Anda gunakan. Kode ini pada awalnya terbuat sebagai petunjuk kepada Anda agar bisa membeli sesuai kebutuhan mobil Anda. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.