5 Tips Membuat Anggaran Bulanan Perusahaan Lebih Mudah

0

Membuat anggaran adalah salah satu langkah yang efektif untuk mengetahui seberapa banyak pemasukan serta pengeluaran setiap bulannya. Dengan menganggarkan pemasukan dan pengeluaran, nantinya akan memudahkan Anda untuk menyimpan uang.

Di sisi lain, membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran terasa begitu sulit bagi sebagian orang. Padahal sebenarnya cara tersebut tidak sulit alias mudah. Ada banyak situs web dan aplikasi anggaran yang dapat Anda gunakan untuk membantu membuat anggaran bulanan.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi secara langsung kepada seseorang yang sudah profesional menangani masalah keuangan. Bahkan jika Anda ingin, Anda bisa membuat spreadsheet sendiri.

Berikut ini beberapa cara untuk membantu Anda membuat anggaran bulanan yang dinilai efektif, dilansir CNBC.

  • Hitung penghasilan atau laba bersih per bulan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui berapa banyak pemasukan Anda setiap bulan. Hitunglah keuntungan bersih yang Anda dapatkan setiap bulannya. Menghitung pendapatan bersih itu berarti jumlah seluruh uang yang dihasilkan dikurangi pajak.

Jika Anda menerima gaji dari perusahaan, terlepas dari status bekerja paruh waktu atau penuh waktu, jumlah yang Anda dapatkan itu kemungkinan pendapatan bersih Anda.

Biasanya perusahaan akan segera memotong gaji jika Anda terdaftar dalam asuransi kesehatan atau akun pensiun dari perusahaan.

Namun, jika Anda seorang freelance atau wiraswasta yang tidak menerima gaji dari perusahaan, tentu Anda harus mengurangi penghasilan setiap bulannya untuk membayar pajak.

  • Buat daftar pengeluaran bulanan

Langkah selanjutnya setelah mengetahui berapa penghasilan per bulan, Anda harus menentukan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulannya. Beberapa pengeluaran yang umum, di antaranya bayar sewa, bayar tagihan, asuransi, utilitas, kebutuhan anak, bahan makanan, transportasi, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya.

Buatlah daftar pengeluaran serinci mungkin beserta besarannya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan denga pemasukan Anda yang didapatkan per bulannya. Jika sekiranya masih tersisa, Anda bisa memasukkan uang tersebut ke dalam tabungan, dana darurat, atau dana untuk pensiun.

  • Beri label biaya dan urutkan berdasarkan kebutuhan

Setelah Anda menyusun segala pengeluaran bulanan, selanjutnya tuliskan besaran pengeluaran tersebut. Kemudian, Anda perlu mengurutkan daftar kebutuhan dari yang paling penting.

Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan mana kebutuhan yang kira-kira dapat dan tidak dapat ditunda. Anda harus bisa tegas untuk membatalkan kebutuhan yang sekiranya bisa ditunda tersebut. Prioritaskan mana yang seharusnya lebih penting.

  • Menentukan biaya bulanan rata-rata untuk setiap bulan

Setelah Anda merincikan pengeluaran, hitunglah berapa total uang yang jadi kebutuhan per bulannya. Dengan begitu Anda dapat melihat rata-rata pengeluaran atau perkiraan setiap bulan. 

  • Sesuaikan pengeluaran dan pemasukan

Langkah terakhir dalam membuat anggaran bulanan adalah menyesuaikan pendapatan bersih dengan total pengeluaran bulanan Anda.

Perhatikanlah apakah kira-kira pemasukan Anda lebih besar dibandingkan pengeluaran atau justru sebaliknya pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan penyesuaian antar keduanya.

Jika pengeluaran terlihat lebih banyak, ada baiknya Anda lebih mengurangi lagi biaya pengeluaran per bulannya. Ketika Anda tetap memaksakan, hal yang ditakutkan adalah nantinya Anda bisa terkena tagihan.

Namun di sisi lain, jika pemasukan Anda masih tersisa, alangkah baiknya Anda bisa menyisikan uang untuk menabung, menyimpan dana darurat, atau bahkan untuk dana pensiun.

Aplikasi Akuntansi Terbaik Berbasis Cloud

Pengelolaan keuangan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik usaha, baik itu usaha besar maupun usaha kecil, menengah dan mikro. Manajemen keuangan akan menjadi dasar pengembangan usaha. Keadaan bisnis juga dapat dilihat dari cara mereka mengelola keuangan. Perusahaan yang baik harus memiliki manajemen keuangan yang baik, begitu pula sebaliknya. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, berbagai cara dapat ditempuh. Dari membuat catatan menggunakan Microsoft Excel hingga mempekerjakan seorang akuntan. Namun ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi akuntansi.

Sebelum membahas aplikasi akuntansi lebih lanjut, dilansir dari Jurnal.id di halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/ berikut adalah beberapa manfaat menggunakan aplikasi akuntansi dalam bisnis Anda:

  1. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, Anda tidak perlu pusing memikirkan rumus-rumus perhitungan akuntansi. Hal ini dikarenakan terdapat fungsi-fungsi yang dapat digunakan secara langsung dan otomatis dalam aplikasi akuntansi. Dengan cara ini Anda dapat menyelesaikan semua proses akuntansi dengan mudah dan cepat.
  2. Anda dapat mengalokasikan waktu untuk hal-hal yang lebih penting karena proses akuntansi akan ditangani oleh aplikasi akuntansi. Dengan cara ini Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menangani hal-hal lain yang terkait dengan bisnis Anda.
  3. Dengan aplikasi akuntansi, Anda tidak perlu menyewa seorang ahli. Hal ini karena aplikasi akuntansi memiliki fungsi yang dapat diandalkan, sehingga Anda hanya perlu mengamatinya saja.
  4. Karena Anda tidak perlu menyewa ahli akuntansi, Anda juga dapat menghemat lebih banyak biaya. Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk keperluan bisnis lainnya.
  5. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, Anda juga bisa meminimalisir kesalahan. Seperti yang kita ketahui bersama, ketika Anda menggunakan akuntansi manual, Anda harus menghitung dan mencatat satu per satu. Ini tidak diperlukan saat menggunakan perangkat lunak akuntansi. Dengan cara ini Anda dapat meminimalkan kesalahan karena perhitungan dilakukan oleh sistem yang profesional.
  6. Anda dapat menggunakan perangkat lunak akuntansi untuk melindungi data Anda. Anda dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke data keuangan perusahaan Anda dan mengurangi tingkat penipuan.
  7. Anda dapat mengakses aplikasi akuntansi kapan saja, di mana saja. Hal ini karena aplikasi akuntansi menggunakan penyimpanan berbasis cloud, dan Anda dapat mengaksesnya kapan saja, di mana saja, termasuk saat Anda sedang berlibur atau bepergian.

Rekomendasi Aplikasi Anggaran Terbaik

Setelah memahami manfaat yang Anda dapatkan dari aplikasi akuntansi, Anda pasti penasaran dengan aplikasi akuntansi mana yang bisa Anda pilih. Berikut rekomendasi aplikasi akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengelola keuangan perusahaan. Aplikasi pembukuan tidak hanya tersedia di Android saja, tetapi ada juga software aplikasi pembukuan khusus, bahkan ada yang sudah terintegrasi dengan market untuk memudahkan Anda dalam melaporkan pembukuan bisnis Anda.

Salah satu aplikasi akuntansi online terbaik yang menggunakan basis cloud dan layak mendapatkan pertimbangan yaitu Jurnal by Mekari. Aplikasi ini memberikan banyak manfaat dalam pengelolaan akuntansi perusahaan secara optimal. Berkat penggunaan aplikasi ini tentunya dapat membantu perusahaan dalam mencatat seluruh transaksi keuangan secara mudah dan cepat serta mendapatkan pelaporan akurat secara real time.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang menarik untuk para penggunanya. Sehingga dengan menggunakan Jurnal maka otomatis perusahaan dapat melakukan berbagai hal terkait fitur yang diberikan tersebut dengan mudah. Adapun fitur-fitur andalan Jurnal by Mekari antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Fitur laporan bisnis dan keuangan, yang membantu perusahaan dalam memilih berbagai template laporan keuangan sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Fitur akuntansi yang membantu perusahaan melaksanakan pembukuan yang efektif dan minim kesalahan.
  • Fitur kas dan transaksi, yang membantu melacak serta mengawasi jalannya transaksi dalam perusahaan secara real time.
  • Fitur invoice yang bermanfaat untuk membuat serta menerbitkan invoice dengan mudah mengintegrasikan secara langsung dengan laporan keuangan yang dibuat.
  • Fitur produk dan inventory untuk membantu perusahaan dalam mengelola seluruh produk yang ada secara optimal.
  • Fitur biaya dan anggaran yang dapat mengelola seluruh biaya dan bentuk pengeluaran lainnya secara efektif dan efisien.
  • Fitur perpajakan sesuai regulasi pajak di Indonesia. Sehingga perusahaan dapat melakukan perhitungan pajak secara akurat serta mendukung pembuatan faktur secara mudah.
  • Fitur mobile app yang membantu perusahaan melakukan akses pada aplikasi kapan saja dan dimana saja.
Leave A Reply

Your email address will not be published.